Rabu, 17 April 2013

Apa Fungsi Punuk Pada unta?

Knowledge - Apa fungsi punuk pada unta?. Terkadang kita heran melihat unta yang memiliki punuk tidak seperti hewan mamalia berkaki empat lainnya. Ya, unta merupakan satu-satunya hewan yang memiliki keunikan dengan punggung yang berpunuk. Punuk unta yang memiliki bobot mencapai 35 kilogram menjadi bagian tubuh yang penting. Mau tahu kenapa?


Saat unta lahir, punuknya hanya berupa kantong kulit kosong yang fleksibel namun seiring pertumbuhannya, terbentuk jaringan lemak khusus dalam punuknya sehingga punuk mulai terbentuk dan berisi. Lemak khusus ini dapat berubah menjadi air dengan bantuan oksigen hasil respirasi. Satu gram lemak di dalam punuk unta bisa menghasilkan satu gram air.


Dengan bantuan lemak dalam punuk inilah unta dapat bertahan hingga dua minggu tanpa makanan. Apalagi lokasi tempat tinggal mereka di padang pasir Afrika dan Timur Tengah dimana makanan menjadi sangat langka.


Selama ribuan tahun, punuk unta ini juga menjadi berguna bagi manusia yang memeliharanya. Mempermudah dalam pemeliharaan yang tidak butuh banyak makanan serta sangat kuat untuk transportasi mengangkut barang. Unta berpunuk dua atau Bactrian digunakan manusia sejak 2500 SM di sekitar Iran Utara, Timur Laut Afghanistan, dan Pakistan Utara. Sementara itu, unta berpunuk satu atau Dromedary digunakan antara 4000 sampai 200 SM di Arab.


Twitter: @Xyz_Robby


Tidak ada komentar:

Posting Komentar